TEPPA (Tim Evaluasi Dan Pengawasan Penyerapan Anggaran),  secara terstruktur telah dibentuk dari Pusat sampai daerah. Di tingkat Pusat berada masuk dalam wilayah kerja kepresidenan atau yang lebih dikenal dengan UKP4 (Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan).

Salah Satu tugas TEPPA adalah memberikan informasi publik tentang alokasi realisasi anggaran setiap tahunnya, serta memastikan terlaksananya Koordinasi Pengawasan dan Pengendalian dalam upaya percepatan penyerapan anggaran.

Pelaksanaan Bimktek Pengisian format TEPPA di Kota Kupang digelar pada 19 September 2013, merupakan tindak lanjut pelaksaan evaluasi tingkat nasional yang dilaksanakan di Istana Kepresidenan Yogyakarta. pelaksanaan evaluasi realisasi belanja nasional Semester I Tahun 2013, mencakup seluruh Kementerian/Lembaga (Non-Kementerian)/Lembaga Negara (K/L/LN) serta Daerah.


Bimtek yang dihadiri oleh Kasubag Keuangan dan Bendahara se-Kota Kupang ini dilaksanakan di lantai III Aula Sasando kantor Walikota Kupang, dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang ini, hadir sebagai Narasumber Kepala Biro Administrasi Pembangunan Provinsi NTT didampingi Kabag Administrasi Pembangunan Prov NTT. Dalam pengantarnya Asisten II mengatakan, Tahun 2013 merupakan tahun pertama pelaksanaan TEPPA di Kota Kupang, sehingga masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi. Untuk itu bagi peserta Bimtek silahkan menanyakan hal-hal yang secara teknis masih dianggap belum jelas terkait dengan pengisian format TEPPA.


Kepala Biro Adm Pembangunan Prov NTT dalam pengantarnya mengatakan bahwa kita patut berbangga karena hasil evaluasi tingkat nasional semester I pada agustus kemarin Nusa Tenggara Timur menempati peringkat ke-5 nasional. Sedangkan untuk Kota Kupang pelaksanaan TEPPA secara umum sudah baik, namun masih ada beberapa hal  yang pelu di benahi.  Salah satunya upaya pembenahan tersebut adalah melalui media Bimtek ini.
Setelah pengantar oleh Kepala Biro AP Prov NTT, dilanjutkan dengan Penjelasan  teknis oleh Pak Melky (Kabag Administrasi Pembangunan Prov NTT). Dalam penjelasannya Kabag menekankan 6 point yang menjadi substansi TEPPA yaitu :


•    Pejabat Penghubung
•    Struktur Belanja
•    Identifikasi Jenis/Metode PB/Jasa pada belanja langsung Non Pegawai
•    Target dan realisasi keuangan
•    Target dan realisasi Fisik
•    Perkembangan PB/Jasa Strategis


Pelaksaan Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat deviasi antara target yang ditetapkan pada dokumen anggaran dan realisasi anggaran pada saat pelaksanaan, demikian ditegaskan.

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh