×

Warning

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading component: com_contact, Component not found

Tanggal 3 September 2013 suasana Gang P. Dacunha Naikoten II terlihat ramai. Di sepanjang jalan terlihat anak-anak usia sekolah, berpakaian adat khas NTT. Mereka kelihatan gagah dengan pakaian yang dikenakan. Suasana ini berbeda dengan hari-hari sebelumnya, dimana di sepanjang jalan terlihat lengang dan sepi.….  
 
Apa yang dilakukan anak-anak ini? Ternyata mereka menanti kedatangan  Ny Vita Gumawan Fauzi – ketua tim penggerak PKK Nasional. Ny Vita Fauzi berkunjung ke Kelurahan Naikoten II dalam rangka merayakan kesuksesan kelurahan Naikoten II dalam meraih juara II tingkat Nasional sebagai kelurahan digital dan kelurahan siaga.
 
Siang itu tidak hanya anak-anak  yang memenuhi halaman kantor Lurah Naikoten II. Tamu-tamu penting dari Kota Kupang seperti Wakil Walikota bersama jajarannya,,  SKPD-SKPD terkait, kecamatan dan Ketua, wakil  Tim Penggerak PKK Beserta Rombongan juga terlihat hadir. Kehadiran tamu-tamu ini membuat suasana di Kantor Lurah Naikoten II semakin ramai.
 
Pukul 11.30 WITA,  ada informasi bahwa rombongan Ny. Vita Fauzi akan segera tiba di lokasi kantor Lurah Naikoten II. Anak-anak dengan sigap berbaris di sepanjang jalan sambil memegang bendera kecil. Begitu rombongan tiba, anak-anak ini melambaikan bendera sambil bertepuk tangan….. Nyonya Vita Fauzi kelihatannya sangat antusias dan melambaikan tangannya kepada anak-anak…. 
 
Setibanya di depan kantor Lurah, Ny. Vita Fauzi mendapat pengalungan selendang dari Lurah Naikoten II. Rombongan lalu diarahkan untuk masuk kedalam ruang pertemuan. Lurah Naikoten II – Andre Ota  mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Ny.Vita Fauzi karena sudah menepati janjinya untuk berkunjung ke Kelurahan Naikoten II, dan memohon maaf karena kondisi ruangan di kelurahan Naikoten II cukup sempit. Lurah Andre Ota mengatakan sangat bersyukur karena Naikoten II bisa mendapat juara II tingkat Nasional. Gelar yang didapat ini semakin memotivasi mereka untuk terus berbenah dan melakukan inovasi-inovasi kedepan. Lurah Andre juga mengatakan bahwa prestasi yang diraih Naikoten II ini tidak lepas dari partisipasi aktif dan dukungan dari masyarakat kelurahan Naikoten II.
 
Lurah Naikoten II kemudian mempersilahkan Ny. Vita Fauzi untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya Ny. Vita  memberikan apresiasi kepada  Lurah  Andre Ota yang masih muda tapi mempunyai inovasi dan kreatif membuat Kelurahan Digital. Dengan kelurahan digital ini, mempermudah pelayanan kepada masyarakat.  Misalnya, untuk mengurus kartu tanda penduduk, warga tidak  perlu  datang ke kelurahan untuk menanyakan persyaratan. Warga cukup SMS ke nomor  082339602904   maka dari operator akan langsung membalas dan memberikan informasi persyaratan kepada warga tersebut. Sehingga warga tidak perlu bolak-balik hanya untuk menanyakan persyaratan saja.
 
Selanjutnya Ny. Vita Fauzi  bercerita  bahwa sudah 4 tahun terlibat sebagai tim penilai lomba kelurahan tingkat nasional dan pada tahun keempat ini, untuk pertama kalinya NTT masuk dalam enam ( 6 ) besar. (Untuk diketahui tim penilai tingkat nasional terdiri dari 10 orang  yang lebih dikenal dengan tim 10). 
 
Lebih lanjut Ny Vita mengatakan saya yang paling ngotot dan mempertahankan agar Naikoten II tidak hanya masuk 6 besar, tetapi juga masuk dalam nominasi untuk mendapatkan juara. Karena di kelurahan Naikoten II selain kelurahan digital, ada juga program “Kelurahan Siaga” yang membantu keselamatan ibu dan anak . Bagi saya Ibu adalah sosok yang melahirkan generasi penerus bangsa. Puji Tuhan akhirnya Naikoten II bisa meraih juara II tingkat nasional. Ini tentunya sangat menggembirakan karena kelurahan Naikoten II adalah kelurahan pertama di provinsi NTT yang meraih juara di tingkat nasional.
 
Diakhir sambutannya Ny, Vita berpesan agar kelurahan Naikoten II mempertahankan prestasi yang sudah di raih. Ny Vita mengatakan bahwa lebih berat mempertahankan apa yang sudah diraih. Karena itu, perlu kerjasama antar berbagai pihak di kelurahan Naikoten II.  Namun Ny. Vita memiliki keyakinan bahwa masyarakat Naikoten II memiliki kemampuan untuk mempertahankan dan meningkatkan apa yang sudah didapat saat ini. 
 
Pada saat itu, Ny. Vita Gamala  Fauzi juga menyempatkan diri untuk mengunjungi ruang kerja PKK dan kelurahan Siaga   yang terletak dalam kantor kelurahan Naikoten II. Dalam kunjungan kurang lebih 10 menit Ny.Vita  menanyakan apakah kelurahan siaga membantu Ibu Hamil? Ibu Ida yang sedang hamil   menjawab sangat membantu, karena nama-nama ibu hamil dicatat dalam  “papan sistim Siaga” sehingga warga bisa mengetahui  siapa saja ibu yang hamil di wilayahnya masing-masing. Karena dalam papan siaga sangat jelas “siapa berperan apa”? 
 
Ny. Vita kemudian berpesan kepada ibu-ibu hamil yang ada saat itu agar mengkonsumsi makanan bergizi dan  memeriksakan kehamilannya secara rutin. Di akhir kunjungannya ke ruang PKK dan kelurahan Siaga, Ny. Vita mengajak ibu-ibu untuk mengikuti program keluarga berencana dengan merencanakan jarak kelahiran anak dan cukup memiliki dua anak saja.  Ny. Vita kemudian mengajak ibu-ibu hamil untuk mengangkat 2 jarinya dan mengatakan “dua anak lebih baik”.
 
Ny.Vita mengakhiri kunjungannya ke Kelurahan Naikoten II dengan berkunjung ke lokasi apotik hidup yang dikembangkan oleh Tim Pengerak PKK
 
Marselina Sedo, Mentor Revitalisasi Posyandu dan Kelurahan Siaga