Forum SKPD adalah musyawarah dalam merumuskan program kegiatan pembangunan di lingkungan SKPD. Konsep musyawarah menunjukkan bahwa Forum SKPD bersifat partisipatif dan dialogis. Musyawarah yang dimaksudkan adalah sebuah forum untuk me-rembug-kan sesuatu dan berakhir pada pengambilan kesepakatan atau pengambilan keputusan secara bersama, bukan forum seminar atau sosialisasi informasi. Dalam Forum SKPD keterlibatan masyarakat merupakan cerminan dari praktik partisipasi warga sekaligus ajang akuntabilitas pemerintahan.


Forum SKPD kota membahas rancangan Renja SKPD kota, dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang RKPD kota di kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan Renja  SKPD kabupaten/kota, yang difasilitasi oleh SKPD BAPPEDA.

Tujuan Forum SKPD Kota Kupang Tahun 2013 adalah :

  • Menyelaraskan program dan kegiatan SKPD kota dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD kota di kecamatan;
  • Mempertajam indikator serta target program dan kegiatan SKPD kota Kupang sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD;
  • Menyelaraskan program dan kegiatan antar SKPD kota dengan SKPD lainnya dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan untuk sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah; dan
  • Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing SKPD kota.

Mekanisme Penyelarasan/sinkronisasi :

  • Kepala BAPPEDA menyampaikan arahan sekaligus gambaran tentang prioritas pembangunan tahun 2014 termasuk perkiraan/estimasi pendapatan dan belanja dilanjutkan dengan pembahasan teknis yang melibatkan SKPD dan semua unsur perwakilan berdasarkan bidang koordinasi.
  • Setiap Bidang Koordinasi selaku mediasi melakukan persandingan Renja SKPD dengan usulan hasil Musrenbang Kecamatan;
  • Hasil Persandingan di Paparkan ketua Tim yang dikoordinir oleh Kepala Bidang;
  • Secara teknis SKPD menyampaikan penjelasan berdasarkan kriteria teknis dalam mengusulkan program kegiatan;
  • Hasil kesepakatan termasuk penentuan lokasi kegiatan secara spesifik dicantumkan pada hasil persandingan

Setelah diperoleh kesepakatan dituangkan dalam Berita Acara Forum SKPD dengan ditandatangani oleh unsur perwakilan. Rancangan Renja SKPD Kota hasil Forum SKPD kota menjadi bahan pemutakhiran rancangan RKPD kota untuk selanjutnya dibahas di dalam musrenbang RKPD kota.

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh