×

Warning

Error loading component: com_contact, Component not found

Upaya peningkatan kesehatan ibu , bayi baru lahir dan balita (KIBBLA) perlu dilakukan secara sistematis dan melibatkan lintas sektor. Kerjasama lintas sektor perlu dilakukan sehingga hasil / dampak yang dihasilkan menjadi lebih baik. Dukungan sektor-sektor lain di luar kesehatan sangat diperlukan karena selain penyebab klinis terdapat juga penyebab dari aspek sosial budaya dalam setiap kasus kematian ibu dan bayi baru lahir yang terjadi. Demikian salah satu benang merah dalam proses diskusi hari pertama Lokakarya Perencanaan DTPS KIBBLA yang dilakukan oleh Bappeda Kota Kupang.
 
Pada tahun 2013 ini Lokakarya DTPS KIBBLA yang dalam pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya didukung oleh AIPMNH telah direplikasikan oleh Bappeda Kota Kupang dengan menggunakan sumber pembiayaan dari APBD Kota Kupang Tahun Anggaran 2013.  Perencanaan DTPS KIBBLA merupakan proses perencanaan yang sistimatis, berdasarkan bukti/data, yang dalam implementasinya meliputi tiga pilar proses utama yaitu pertama proses orientasi multi pihak, kedua proses perencanaan dan proses ketiga adalah advokasi DTPS-KIBBLA.
 
Lokakarya Perencanaan DTPS dilakukan di Aula Bappeda Kota Kupang pada tanggal 14-16 Maret 2013 dan 20-21 Maret 2013. Peserta perencanaan DTPS KIBBLA berasal dari Dinas Kesehatan, Bappeda, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Badan KBKS, Rumah Sakit Umum dan Bagian Pemberdayaan Perempuan. Tujuan umum Lokakarya Perencanaan DTPS adalah untuk menghasilkan Dokumen Perencanaan dan  Anggaran KIBBLA tahun 2014 yang lengkap dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
 
Sedangkan tujuan khususnya adalah sebagai berikut :
  1. Menyusun analisis situasi KIBBLA yang ada di Kota Kupang
  2. Menyusun analisis penyebab masalah KIBBLA di Kota Kupang
  3. Memilih prioritas penyebab masalah KIBBLA di Kota Kupang
  4. Menentukan solusi penyelesaian masalah dan kegiatan
  5. Menghasilkan perhitungan rencana kebutuhan anggaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  6. Menghasilkan draft dokumen perencanaan dan penganggaran KIBBLA
 
Sekretaris Bappeda Kota Kupang Bapak John Pelt memberikan sambutan sekaligus membuka acara lokakarya perencanaan DTPS KIBBLA secara resmi. Beliau  menyampaikan gambaran Visi Misi dalam draft RPJMD Kota Kupang 2013-2017 dan keterkaitannya dengan Lokakarya Perencanaan DTPS KIBBLA khususnya dalam upaya dan tujuan pembangunan kesehatan di Kota Kupang. Kegiatan ini sendiri merupakan salah satu upaya Bappeda Kota Kupang untuk mereplikasikan Lokakarya Perencanaan DTPS KIBBLA yang dalam pelaksanaannya selama 3 tahun sebelumnya disupport oleh AIPMNH dalam pembiayaannya. Pada akhir lokakakarya diharapkan tersedia dokumen perencanaan kegiatan peningkatan kesehatan ibu, bayi baru lahir dan balita di Kota Kupang untuk tahun anggaran 2014.