Program Kemitraan AIPMNH di Kota Kupang telah berlangsung sejak tahun 2009. Selama 3 tahun pelaksanaan program, sudah banyak capaian dan dukungan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Kupang dalam rangka penurunan angka kematian ibu dan angka kematian neonatal melalui 3 komponen yang ada dalam program ini yaitu Komponen 1: Meningkatkan Pelaksanaan Layanan  dan Peran Serta Masyarakat, Komponen 2: Memperkuat Sistem  Kesehatan, dan Komponen 3: Meningkatkan Akuntabilitas dan Kinerja Sistem. 

Pelaksanaan Program AIPMNH yang bekerja mengikuti Sistem Pemerintah Indonesia dimana Bappeda Kota Kupang berperan sebagai lead sector merupakan pendekatan yang cukup bagus. Dengan pendekatan ini Bappeda bisa melakukan sinkronisasi perencanaan dan penganggaran dengan sumber - sumber dana lain. Sehingga kegiatan-kegiatan pembangunan kesehatan yang sudah termuat dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kupang yang belum mendapatkan dukungan biaya dari APBD bisa tetap dilaksanakan dengan dukungan AIPMNH.
 
Laporan pelaksanaan Program AIPMNH di Kota Kupang dari tahun 2009 – 2011 menguraikan desain dan pendekatan program, pencapaian program , kendala serta tantangan yang dihadapi dan lesson learned ( pembelajaran ) dalam pelaksanaan Program AIPMNH di Kota Kupang.
 

 

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh