×

Warning

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading component: com_contact, Component not found

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Program Kemitraan  pada tahun 2013 yang akan datang, Bappeda Kota Kupang Rabu 21 November 2011 melakukan Pertemuan Tim Teknis Komite Kemitraan Program Australia Indonesia Partnership for Maternal Neonatal Health (AIPMNH) yang dilakukan di Hotel Gre Nia Kota Kupang. Agustinus Hake - Kepala Bidang Sosbud Bappeda Kota Kupang sekaligus Ketua Unit Pelaksana Kemitraan (UPK) Bappeda menyampaikan bahwa pertemuan ini dilakukan untuk mengevaluasi progress pencapaian rencana kerja kemitraan AIPMNH di Kota Kupang pada tahun 2012, termasuk pencapaian indikator kinerja (Performance Target ) dan persiapan untuk penyusunan Rencana Kerja tahun 2013.
 
Dalam presentasinya Nugroho, District Program Coordinator (DPC) AIPMNH Kota Kupang menyampaikan bahwa sesuai data yang ada sampai tanggal 20 November 2012, Pencapaian rencana kerja tahun 2012 adalah 115 kegiatan telah dilaksanakan dengan menyerap dana 2,761 M. Capaian kegiatan adalah 89.15 % dan penyerapan dana adalah 84.87%. Pencapaian ini jika dibandingkan dengan pelaksanaan program pada tahun 2009-2011 mengalami trend kenaikan.
 
Mengingat Program AIPMNH sudah akan memasuki masa transisi dari Januari 2013 sampai Juni 2014, paket dukungan yang diberikan oleh program kemitraan ini tidak akan selengkap periode 2009 – 2012.Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya untuk Rencana Kerja tahun 2013 kegiatan – kegiatan yang ada sudah ditentukan oleh Menajemen AIPMNH Provinsi berdasarkan evidance based. Rencana Kerja Kemitraan AIPMNH Kota Kupang tahun anggaran 2013 untuk periode Januari – Juni terdiri dari 17 kegiatan dengan pagu dana sebesar Rp. 374,485,000. SKPD yang terlibat terdiri dari dinas kesehatan, Bappeda, Rumah Sakit Daerah Kota Kupang, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Bagian Pemberdayaan Perempuan. 
 
Sebagai wujut komitmen AIPMNH untuk mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) , maka Rencana Kerja Kemitraan tahun 2013 anggaran yang disusun untuk tahun 2012 diharapkan Responsif Gender. Untuk melengkapi dokumen RKA, para mitra AIPMNH akan melakukan analisis gender dengan menggunakan GAP (Gender Analysis Pathway) yang selanjutnya digunakan untuk penyusunan Gender Budged Statement (GBS) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari RKA. GBS akan menjadi dasar penyusunan Kerangka Acuan Kegiatan dari masing – masing kegiatan yang telah ditentukan.
 
Sebagai persiapan untuk proses penyusunan GAP,  GBS dan ToR, pada pertemuan ini peserta mendapatkan pengenalan singkat mengenai GAP,GBS dan Anggaran Responsif Gender melalui presentasi dari Nita Wake – District Gender Coordination (DGC) AIPMNH Kota Kupang.
 
Dalam pertemuan ini juga dilakukan review Pencapaian Performance Target Tahun 2012. Proses diskusi dilakukan secara partisipatif dimana peserta diminta mengidentifikasi pencapaian target, kendala/masalah yang dihadapi, sumber pembuktian (deliverable) dan dukungan sumber dana lain (Non AIPMNH) yang juga berkontribusi untuk pencapaian target yang sudah ditetapkan. 
 
Di akhir pertemuan dilakukan diskusi untuk menghasilkan rekomendasi dari pertemuan ini yang nantinya akan dibawa ke Pertemuan Tim Koordinasi DCC Kota Kupang. Rekomendasi dari pertemuan ini  diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • Pemerintah Kota Kupang melalui SKPD terkait diharapkan bisa mereplikasi kegiatan – kegiatan yang sebelumnya didukung oleh AIPMNH untuk bisa dilanjutkan dengan sumber pembiayaan APBD/APBN maupun sumber pembiayaan lainnya sesuai dengan kondisi keuangan daerah.
  • Implementasi pencatatan dan pengembangan data terpilah di lingkup pemerintah Kota Kupang
  • Mendorong implementasi  Anggaran Responsif Gender (ARG) dalam proses perencanaan dan penganggaran di jajaran Pemerintah Kota Kupang.