×

Warning

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading component: com_contact, Component not found

Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat, AIPMNH Kota Kupang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang telah mengembangkan Puskesmas Bakunase menjadi Puskesmas Reformasi Paket kegiatan ini telah dimulai sejak Juli 2011. Setelah melalui beberapa tahapan kegiatan yaitu : Sosialisasi dan Identifikasi Keluhan, survey pengaduan, lokakarya internal untuk membahas hasil survey pengaduan, pembentukan dan penguatan Badan Penyantun Puskesmas, Penguatan SDM puskesmas, Dukungan Small Equipment, Lokakarya eksternal dan Monev Reformasi puskesmas, pada tanggal 16 Oktober 2012, Wakil Walikota Kupang dr.Herman Mann me’launching’ wajah baru Puskesmas Bakunase.

 
Kepala Puskesmas Bakunase drg.Shinta Ndaumanu pada presentasinya menyampaikan bahwa Puskesmas Bakunase telah melakukan reformasi pola pikir, budaya kerja dan sistem menajemen melalui tahapan kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya.
 
Kegiatan launching ini diawali dengan penyampaian gambaran singkat reformasi di puskesmas Bakunase oleh para staf puskesmas Bakunase dengan sebuah ‘drama singkat yang menggambarkan bagaimana proses reformasi dilakukan di Puskesmas Bakunase.
 
Perubahan status Puskesmas Bakunase menjadi puskesmas reformasi, diharapkan membawa perubahan pada kesehatan masyarakat lima tahun ke depan. Reformasi yang terjadi harus diikuti perubahan tatalaksana yaitu merubah metode kerja, cara berkomunikasi sesuai protap yang sudah dibuat, menjaga kebersihan, dan memberikan pelayanan yang baik. Yang juga jauh lebih penting adalah bekerjalah dengan hati dalam melayani pasien,’ demikian yang disampaikan oleh Wakil Walikota Kupang dr.Herman Man pada saat melaunching Puskesmas Bakunase sebagai Puskesmas Reformasi, Selasa (16/10).
 
Perubahan di Puskesmas Bakunase
Lewat kegiatan reformasi puskesmas, Puskesmas Bakunase telah merumuskan visi dan misi dalam memberikan pelayanan. Visi Puskesmas Bakunase “Menjadikan Puskesmas Bakunase Mandiri Menuju Pelayanan Prima pada 2012”. Sedangkan misi nya adalah sebagai berikut :
  • Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu melalui tenaga yang profesional
  • Melaksanakan pelayanan kesheatan yang bermutu sesuai SOP dalam setiap pelayanan
  • Menjamin setiap individu untuk mendaptkan pelayanan kesehatan yang bermutu  
  • Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui promotif dan preventif


Saat ini puskesmas ini juga telah mengembangkan Standar Pelayanan Publik (SPP) yang meliputi : Uraian Tugas, Etika Pelayanan, Standar Pelayanan dan Standar Penanganan Keluhan. Untuk mendukung SPP ini seluruh staf puskesmas Bakunase telah berkomitmen dan memberikan janji pelayanan kepada masyarakat. Beberapa Janji Pelayanan mereka diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kami berjanji akan mengubah perilaku masuk dan pulang kerja tepat waktu
  • Kami berjanji akan menerapkan 5 S dalam melayani pasien yakni: SENYUM, SAPA SALAM, SOPAN dan SANTUN
  • Kami berjanji akan fokus pada pada tugas kami selama jam pelayanan 
  • Kami berjanji akan melayani Pasien dengan adil dan tidak membeda-bedakan
  • Kami berjanji akan membangun komunikasi yang baik dengan pasien saat pelayanan, mendengarkan keluhan pasien dan memberi jalan keluar
Keberadaan Badan Penyantun Puskesmas yang cukup aktif juga merupakan salah satu hasil kegiatan reformasi di puskesmas ini. Keaktifan BPP yang ada pada akhirnya mendorong Masyarakat & lintas sektor yang ada untuk lebih  mendukung kegiatan Puskesmas Bakunase.
 
Lasarus Ledoh Ketua Badan Penyantun Puskesmas Bakunase mengatakan, kendati sudah berubah wajah menjadi puskesmas reformasi, masih banyak hal yang perlu dibenahi, antara lain pembenahan jalan, penerangan, air, keamanan, dan pemotongan pohon. Masyarakat, katanya telah berupaya membantu sejumlah fasilitas walau belum sepenuhnya. Pemerintah Kota (Pemkot) diharapkan ikut membantu agar semua fasilitas penunjang puskesmas reformasi dapat tersedia.
 
 
Baca Juga