×

Warning

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading component: com_contact, Component not found

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar di Jakarta, Rabu (3/10), memberikan beragam penghargaan kepada sejumlah daerah yang dinilai telah mengedepankan pembangunan kabupaten/kota layak anak (KLA). Kota Kupang adalah adalah salah satu yang mendapatkan penghargaan kota layak anak untuk kategori Pratama. Penghargaan ini diterima langsung oleh Walikota Kupang Jonas Salean, SH, M.Si.  

Penghargaan KLA ini adalah upaya pemerintah pusat lewat Kementrian Pemberdayaan PErempuan dan Perlindungan Anak untuk medorong pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia agar memenuhi hak-hak anak dalam pembangunan.
 
Kota Layak Anak diartikan sebagai “Kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak” (PERMEN No. 11 Tahun 2011). Ada 31 kategori kategori yang mesti dipenuhi oleh sebuah kota/kabupaten untuk menjadi kota layak anak, kategori tersebut menyangkut perangkat lunak seperti peraturan dan kebijakan serta perangkat keras, yakni infrastruktur dan visualisasi yang ramah anak.
 
Sejak tiga tahun terakhir ini pemerintah kota Kupang dengan Bagian Pemberdayaan Perempuan Setda Kota Kupang  sebagai leading sector telah berupaya keras untuk mendorong kota kupang menuju KLA. Kegiatan yang menonjol dilakukan adalah membentuk Forum Anak di semua kelurahan, kecamatan dan di tingkat Kota dan menyiapkan fasilitator orang dewasa untuk memfasilitasi kegiatan forum anak. Forum Anak ini dimaksudkan sebagai wadah partisipasi anak. Keberhasilan yang diraih dalam pengembangan forum anak ini adalah pada uji petik KLA tahun 2011 yang lalu, kota kupang terpilih sebagai model pengembangan forum anak di Indonesia.
 
Saat ini kota Kupang sedang berupaya untuk menghasilkan peraturan dan kebijakan pemerintah yang ramah anak, sebagai salah satu kategori dalam Kota Layak Anak (KLA), untuk mewujudkannya perlu upaya sungguh-sungguh dari semua pihak, baik  pemerintah, DPRD, dunia usaha dan seluruh masyarakat Kota Kupang agar dalam waktu dekat  Kota Kupang bisa memiliki peraturan pemerintah yang ramah anak, demi pemenuhan hak-ahak anak di Kota Kupang.   
 
Dengan diraihnya penghargaan Kota Layak Anak ini diharapkan pemerintah dan masyarakat kota Kupang akan lebih meningkatkan pemenuhan hak anak dalam setiap kegiatan pembangunan. Selain itu usaha untuk mengembangkan kota Kupang menuju Kota Layak Anak harus lebih ditingkatkan agar dimasa mendatang, agar Kota Kupang bisa mempertahankan penghargaan yang ada dan juga bisa  meraih penghargaan kategori Kota Layak Anak yang lebih tinggi lagi.  
 
Selamat buat Kota Kupang!  ( Zainal Asikin - Pemerhati Hak Anak)