Dengan didampingi oleh Walikota Kupang Jonas Salean bersama Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Kupang, Greg mengunjungi Kelurahan Naikoten-2 sebagai salah satu kelurahan yang mendapatkan dukungan Pemerintah Australia melalui Program AIPMNH di Kota Kupang.

Dukungan AIPMNH terhadap kelurahan ini diwujutkan dalam bentuk pembentukan dan penguatan kelurahan siaga, penguatan kader posyandu  dan penguatan perencanaan pembangunan  melalui dukungan pelaksanaan Pra Musrenbang KIA di kelurahan ini. Naikoten 2 adalah 1 diantara 305 desa/kelurahan yang mendapatkan dukungan untuk penguatan desa siaga dari Pemerintah Australia melalui program AIPMNH.
 
Tarian Hedung menyambut kedatangan Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty beserta rombongan di Kelurahan Naikoten – II. Tarian ini merupakan tari perang yang dulunya dibawakan untuk menyambut pahlawan yang pulang dari medan perang.
 
Diiringi musik tradisional (dari gong,gendang dan irama bolo’n), para penari memperagakan gerakan  orang yang sedang berperang, mengayunkan parang dan membuat ancang – ancang untuk melemparkan tombak di depan rombongan yang berjalan menuju Aula Kantor Kelurahan Naikoten-II. 
 
Menjelang belokan menuju Kantor Lurah Naikoten-II berjajar anggota Paskibrata Kota Kupang dengan seragam khasnya membentuk pagar betis di kiri – kanan jalan sembari memberi hormat dalam posisi sempurna. Selanjutnya Dubes dan rombongan disambut dengan prosesi adat oleh tokoh adat setempat.
 
Setelah berada di ruang pertemuan kantor kelurahan, Lurah Naikoten 2 Andre Ota menggambarkan profil kelurahan dan perkembangan program Kelurahan Siaga di Naikoten 2 dilanjutkan penyampaian Walikota Kupang yang berharap agar kerjasama dengan NTT khususnya Kota Kupang bisa terus berlanjut. Jonas menyampaikan juga bahwa Pemerintah Kota Kupang akan menghidupkan kembali sister city antara Kota Kupang dengan Kota Palmerstone di Australia yang pernah dilakukan pada tahun 2007 silam, kerjasama sister city ini mencakup tiga bidang yaitu : pendidikan, kesehatan dan olahraga. Diharapkan supaya Duta Besar Australia Greg Moriarty dapat mendukung rencana sister city ini. 
 
Sementara itu Greg menyampaikan rasa senang terhadap pelaksanaan program dan menegaskan komitmen Pemerintah Australia untuk terus menjalin kerjasama dengan Indonesia khususnya Provinsi NTT. 
 
“Saya senang melihat hasil dari pekerjaan yang telah dilakukan untuk membantu mengurangi tingginya angka kemtian ibu. Sejak tahun 2008, angka ibu yang melahirkan di fasilitas kesehatan meningkat 20 persen dibandingkan melahirkan di rumah,” ungkapnya menambahkan.
 
Setelah saling bertukar cenderamata, kunjungan Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty diakhiri dengan foto bersama Walikota Kupang dengan seluruh staf dan masyarakat Kelurahan Naikoten 2. 
 
 

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh