Tarian daerah Timor yang dibawakan oleh anak anak sekolah dasar dan iringan lagu Sonbilo menyambut rombongan duta besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty di Puskesmas Pasir Panjang. Rombongan dubes disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang dr.Ari Wijana dan Kepala Puskesmas Pasir Panjang drg.Dian Arkiang.

Dengan senyum yang mengembang dengan disampingi oleh Walikota Kupang Jonas Salean dan Ketua PKK Kota Kupang Ny.Resdiana Ndapamerang, dubes dengan dipandu oleh kepala puskesmas meninjau ruangan yang ada di puskesmas untuk mendapatkan penjelasan tentang kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Pasir Panjang. 

Kunjungan kerja ini dilakukan secara khusus untuk meninjau pelaksanaan program – program dukungan Pemerintah Australia di Kota Kupang. Puskesmas Pasir Panjang adalah salah satu puskesmas yang mendapatkan dukungan dari Pemerintah Australia melalui Program AIPMNH ( Australia Indonesia Partnershif for Maternal Neonatal Health ). 
 
Salah satu dukungan terhadap puskesmas ini dilakukan dengan pelaksanaan program reformasi puskesmas sejak tahun 2012 ini setelah sebelumnya puskesmas ini juga mendapatkan penguatan kemampuan klinis dan menajemen melalui beberapa pelatihan yang didukung oleh Program AIPMNH Kota Kupang.
 
Rangkaian kegiatan program reformasi puskesmas yang telah dilakukan di puskesmas ini meliputi : sosialisasi reformasi puskesmas, survey pengaduan , lokakarya internal untuk membahas hasil survey , penguatan SDM puskesmas (penyusunan SOP pelayanan publik, etika pelayanan dan alur pelayanan ), dukungan small equipment dan pembentukan - penguatan badan penyantun puskesmas – BPP.
 
"Australia berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia di Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu provinsi yang memiliki angka kemiskinan tertinggi," katanya.
 
Greg mengaku senang melihat hasil pekerjaan yang telah dilakukan untuk membantu mengurangi tingginya angka kematian ibu.
 
Sejak 2008 angka ibu hamil yang melahirkan di fasilitas kesehatan meningkat 20% jika dibandingkan dengan jumlah yang melahirkan di rumah.  
 
Pada kesempatan ini , Dubes dan Walikota Kupang ikut menandatangani dukungan terhadap upaya meningkatkan pelayanan publik di Puskesmas Pasir Panjang melalui tahapan reformasi puskesmas untuk mewujutkan pelayanan prima di puskesmas ini. 
 
Sebelum meninggalkan Puskesmas Pasir Panjang, Dubes Australia , Greg Moriarty masih dengan senyumnya terlihat cukup sabar untuk melayani permintaan foto bersama dengan seluruh staf puskesmas dan pengurus Badan Penyantun Puskesmas Pasir Panjang maupun dengan kelompok penari yang ikut menyambut kedatangannya.
 
 

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh