×

Warning

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading component: com_contact, Component not found

Berdasarkan pengumpulan data dan hasil analisa Tim DHA Kota Kupang, belanja kesehatan menurut jenis kegiatan yang dilakukan pada tahun 2011 seperti tergambar di bawah ini :

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa jenis kegiatan langsung seperti kegiatan pelayanan kuratif dan kegiatan kesehatan masyarakat di lapangan sangat dominan jika dibandingkan dengan kegiatan tidak langsung seperti fungsi menejerial dan koordinasi, peningkatan kapasitas personil kesehatan dan pengadaan serta pemeliharaan infrastruktur dan alat non medis. Keadaan tersebut menunjukan konsistensi dengan prinsip anggaran berbasis kinerja dimana kegiatan langsung lebih besar daripada kegiatan tidak langsung. Persentase terbesar dari sebaran jenis kegiatan adalah kegiatan untuk pelayanan kesehatan dalam program kesehatan individual (39,52%) yang didalamnya termasuk belanja rumah tangga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan (berobat) dan belanja pelayanan masyarakat untuk masyarakat miskin (JAMKESMAS & JAMKESDA). 

 
Pada kegiatan tidak langsung, yang dominan adalah belanja Manajerial dan Koordinasi serta pengadaan dan pemeliharaan infrastruktur serta alat non medis.Selanjutnya Persentase belanja untuk fungsi menejerial dan koordinasi (18,00%) lebih besar dibandingkan dengan belanja Pemeliharaan infrastruktur serta alat non medis (9,25%) serta untuk belanja pengadaan dan pemeliharaan infrastruktur alat medis (8,94%). ( Tim DHA Kota Kupang )
 
Artikel Terkait