Pada tahun 2012 ini Tim District Health Account (DHA) dengan dukungan AIPMNH telah melakukan proses DHA . Anggota Tim DHA Kota Kupang terdiri dari staf di Dinas Kesehatan, Bappeda Kota Kupang, Rumah Sakit Umum Kota Kupang dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kupang sebagai berikut : 

 
Ketua Tim : Agustinus Hake, S.Pt (Bappeda Kota Kupang); 
Anggota : 
1. Sri Wahyuningsih, SKM (Dinas Kesehatan Kota Kupang), 
2. Lazariandres D. Logo,S.KM (Dinas Kesehatan Kota Kupang)
3. Debby S. Riwu,S.KM (Dinas Kesehatan Kota Kupang), 
4. Yeni A. Come Rihi,SKM (Dinas Kesehatan Kota Kupang), 
5. Marthin Tulit Beni, S.ST (BPS Kota Kupang), 
6. Putu Dickupana, S.ST (BPS Kota Kupang) dan
7. Damaris Adu (RSUD Kota Kupang).
 
Hasil analisa belanja kesehatan di Kota Kupang pada tahun 2011 berdasarkan sumber pembiayaan tergambar seperti pada tabel dibawah ini :
Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa sumber pembiayaan dari pemerintah sangat dominan dalam pembiayaan kesehatan di Kota Kupang tahun 2011 dengan persentase 80,52% dari total sumber pembiayaan sebesar Rp. 69.142.955.269, sedangkan kontribusi dari sumber pembiayaan non-pemerintah sebesar 19,48%, hal ini terbalik dengan angka rata-rata nasional (rata-rata nasional : non pemerintah 70%, pemerintah 30%). 
 
Jika dilihat lebih rinci nampak bahwa pemerintah Kota Kupang paling berkontribusi sebagai sumber pembiayaan dengan persentase 26,07%, diikuti oleh sumber Subsidi Premi PNS (24,28%), Sistem Kesehatan TNI/Polri (14,76%). Hal ini membuktikan bahwa pembangunan kesehatan di Kota Kupang dilakukan secara mandiri atau sangat tergantung dari APBD Pemerintah Daerah Kota Kupang, dan tidak tergantung dari pembiayaan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi ataupun dana Peinjaman/Donor/Hibah. Jika dibandingkan antara biaya pemerintah kabupaten dan rumah tangga, maka terlihat selisih yang cukup jauh. Hal ini dapat menggambarkan bahwa penduduk berpendapatan rendah atau miskin.
 
Dengan menggunakan data tersebut di atas kita dapat menghitung biaya kesehatan per kapita di Kota Kupang tahun 2011 dengan membagi angka tersebut dengan jumlah penduduk Kota Kupang tahun 2011, yaitu sebanyak 349.344 jiwa seperti yang dilihat dari tabel di bawah ini :
Dari tabel di atas kita dapat melihat bahwa biaya kesehatan per kapita Kota Kupang T.A. 2011 adalah sebesar Rp.255.387 atau sebesar US$ 25,87 (dengan mengunakan kurs Rp.9.500/US$). 
 
WHO menyatakan bahwa anggaran kesehatan yang ideal untuk menjamin terselenggaranya program/pelayanan kesehatan essensial adalah sebesar US$ 34/kapita (WHO-2000, Macroeconomic Commision and Health). Jika dibandingkan dengan biaya kesehatan per kapita Kota Kupang (US$ 26,88), maka dapat disimpulkan bahwa biaya kesehatan di Kota Kupang masih kurang dan belum memenuhi standar ideal biaya kesehatan per kapita yang ditetapkan WHO.
 
Dilihat dari peran pemerintah yang mengalokasikan biaya kesehatan US$ 20,83 per kapita jika dibandingkan dengan patokan World Bank (US$ 12 – US$ 18), maka dapat disimpulkan bahwa peran pemerintah sudah cukup dalam membiayai kesehatan. ( Tim DHA Kota Kupang )
 
Artikel Terkait

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh