Dukungan kemitraan Australia Indonesia Patnership for Maternal Neonatal Health (AIP-MNH), di Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam menangani masalah Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dilakukan dalam kurun waktu 2007-2013. Kemitraan ini mulai bekerja di Kota Kupang sejak tahun 2009. Dalam melaksanakan kerjasama kemitraan tersebut, Pemerintah Australia sebagai Negara Donor dan Pemerintah Indonesia sebagai Negara Penerima Donor terus bekerja untuk melaksanakan apa yang telah disepakati dalam Deklarasi Paris pada tahun 2005 yang kemudian dituangkan lebih lanjut dalam  Komitmen Jakarta pada tahun 2009. 

 
Salah satu percepatan implementasi kesepakatan dan komitmen-komitmen tersebut diatas, maka dibentuklah Unit Pengelola Kemitraan (UPK) AIPMNH yang berada di Bappeda Provinsi NTT. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk mengintegrasikan dana bantuan dengan dana pemerintah daerah. Keberadaan UPK di Bappeda sekaligus mengawal perencanaan agar tetap sejalan dengan program pemerintah sekaligus memperkuat koordinasi lintas SKPD mitra AIPMNH.
 
Untuk memperkuat kapasitas pengurus UPK dalam pengelolaan kemitraan AIPMNH di Provinsi dan di 14 Kab/Kota dukungan AIPMNH maka dilakukan Pertemuan Semesteran pengurus UPK pada tanggal 24-26 Juni 2012 di Hotel Sylvia Maumera. Pada pertemuan ini dua orang pengurus UPK Bappeda Kota Kupang ikut menghadirinya yaitu Ketua UPK dan Pelaksana Harian UPK 
 
Kegiatan ini dilakukan untuk mempermudah koordinasi antar pengurus UPK sekaligus untuk mengevaluasi beberapa program kegiatan yang telah berjalan maupun yang akan dilaksanakan. Tujuan Umum kegiatan ini adalah sebagai upaya Penguatan kapasitas pengurus UPK dan mempermudah koordinasi antar pengurus UPK. Sedangkan tujuan khususnya adalah   untuk berbagi pengalaman antar pengurus UPK dan mendiskusikan beberapa hal yang menjadi hambatan dalam pengelolaan Kemitraan AIPMNH ; Menyepakati hal-hal yang yang telah didiskusikan bersama demi pengelolaan kemitraan yang lebih baik; dan Menyamakan persepsi antar pengurus UPK baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Kab/ Kota dukungan AIPMNH
 
Pertemuan Maumere ini menghasilkan beberapa kesepakatan untuk lebih mengoptimalkan peran UPK dalam implementasi Program Kemitraan AIPMNH dan proses sinkronisasi perencanaan pembangunan di masing – masing kabupaten / kota.
.
 
 

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh