×

Warning

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading component: com_contact, Component not found

 

" Kemiskinan adalah masalah multi dimensi, maka strategi  penanggulangan kemiskinan yang dikembangkan harus mencakup semua aspek dan dimensi kemiskinan yaitu menyangkut pada aspek dan dimensi dalam diri orang miskin yaitu ketidakberdayaan, kerentanan dan kerawanan sekelompok orang untuk menjadi miskin sehingga tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok dan hak-hak dasarnya (pangan,sandang, perumahan, kesehatan,pendidikan), tidak dapat akses kepada kebijakan dan pelayanan publik yang akhirnya berdampak pada kehidupan mereka"

Penanganan masalah kemiskinan harus dilakukan secara terpadu dengan melibatkan semua pihak dan pemangku kepentingan (stakeholders) termasuk orang miskin itu sendiri dan dilaksanakan secara bertahap,sistematis, terencana dan berkesinambungan. Untuk peningkatan penanggulangan kemiskinan diperlukan koordinasi dan sinkronisasi penyusunan dan pelaksanaan kebijakan penanggulangan kemiskinan di daerah.
 
Sampai dengan kondisi tahun 2010 jumlah penduduk Kota Kupang terus meningkat. Pertumbuhan penduduk Kota Kupang semakin meningkat dari 291.794 pada tahun 2009 menjadi 336.239 pada tahun 2010. Oleh karena itu, pengendalian pertumbuhan penduduk perlu ditingkatkan melalui intensitas program Keluarga Berencana. 
 
Dengan luas wilayah sekitar 165,34 km2, berarti pada tahun 2010, setiap km2 wilayah di Kota Kupang ditempati penduduk sebanyak 2.034 orang. Angka kepadatan ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2009 sebesar 1.765 orang per km2, atau naik sebesar 13,22 persen. Tantangan kedepan yaitu bagaimana mengendalikan laju pertumbuhan penduduk yang antara lain disebabkan oleh migrasi dan/atau urbanisasi dan kemiskinan itu sendiri.
 
Garis kemiskinan diukur dari garis kemiskinan makanan dan bukan makanan. Penduduk Miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita per bulan dibawah garis kemiskinan.
 
Penduduk miskin Kota Kupang sampai tahun 2010 sebesar 10,59 %. Persentase penduduk miskin Kota Kupang terus mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
 
Tingkat Kemiskinan Kota Kupang sampai kondisi tahun 2010 masih relevan dengan tingkat kemiskinan Nasional dan Propinsi NTT.  Jika dibandingkan dengan tingkat Kemiskinan secara nasional dan Propinsi NTT, maka Kota Kupang masih lebih rendah.