Secara sederhana Corporate Social Responsibility (CSR) dapat diartikan sebagai tanggungjawab sosial suatu perusahaan terhadap komunitas di sekitarnya atau skahoders yang telah berkontribusi baik langsung maupun tidak langsung terhadap kemajuan perusahaan. Tujuan  CSR adalah dalam rangka memperkuat keberlanjutan perusahaan itu sendiri dengan jalan membangun kerjasama antar stakeholder yang difasilitasi perusahaan tersebut dengan menyusun berbagai program kegiatan bersama  untuk mendukung keberlanjutan dari  perusahaan.
 
Pada akhir Mei lalu Puskesmas Pasir Panjang bersama pemerintah dan masyarakat Kecamatan Kota Lama  dengan dukungan Program AIPMNH membentuk Badan Penyantun Puskesmas (BPP) yang akan menjadi perpanjangan tangan dari masyarakat Kota Lama dalam mendukung Puskesmas Pasir Panjang. Setelah BPP Kecamatan Kota Lama terbentuk dilanjutkan dengan penguatan terhadap para pengurus BPP yang berjumlah sepuluh orang. Dalam Penguatan BPP selain topik tentang peran Puskesmas dan Bagaimana BPP bisa mendukung kegiatan di Puskesmas lewat Musrenbang, disampaikan juga topic tentang Gender, bagaimana melakukan Lobby dan bagaimana mekanisme untuk mendapatkan CSR dari berbagai perusahaan yang ada di Kota Kupang. Selanjutnya BPP menyusun rencana kerjanya untuk mendukung kegiatan Puskesmas Pasir Panjang berdasarkan hasil survey pengaduan masyarakat.
 
Kegiatan pertama yang berhasil dilakukan oleh BPP kecamatan Kota Lama adalah mengakses dana CSR dari perusahaan farmasi Kalbe Farma Cabang Kupang, yakni membangun bak penampungan sampah di Puskesmas Pasir Panjang serta dukungan  kegiatan Berbagi Sehat Lingkungan yang diadakan pada 9 Juni 2012. Bak penampungan sampah yang telah dibangun sangat membantu dalam mendukung kebersihan Puskesmas, serta membantu kegiatan Jumat Bersih yang diadakan oleh BPP setiap bulan.
 
Dalam kegiatan berbagi sehat lingkungan,  Kalbe Farma mengajak masyarakat bersama para staf Kalbe Farma untuk membersihkan lingkungan Puskesmas Pasir Panjang yang dilanjutkan dengan acara hiburan musik dan pembagian door prize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Kegiatan ini berlangsung dari Jam 07:30 hingga 10:00 wita, dihadiri oleh Camat Kota Lama, Lurah dan pengurus BPP kecamatan Kota Lama serta masyarakat pengguna layanan yang datang pada hari itu.
 
Kegiatan ini menunjukan betapa peran BPP sangat strategis dalam mendukung kegiatan pelayanan di Puskesmas dengan mencari dukungan dana dari berbagai pihak yang ada disekitar Puskesmas. Selanjutnya disepakati untuk setiap tahun dana CSR dari Kalbe Farma Cabang Kupang akan dialokasikan untuk mendukung kegiatan di Puskesmas Pasir Panjang. Awal yang baik ini diharapkan bisa menjadi semangat bagi BPP Kecamatan Kota Lama untuk terus medukung kegiatan di Puskesmas Pasir Panjang.
(Zainal Asikin – Mentor Reformasi Puskesmas Kota Kupang)
 

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh