×

Warning

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Hak Hidup – Dibidang pemenuhan Hak Hidup Anak pemerintah berupaya menekan angka malnutrisi di kota Kupang melalui program PKK untuk menekan angka gizi buruk dan gizi kurang bagi anak Balita di kota Kupang dengan menggalakkan penggunaan pangan local. Program lainnya adalah program Nutrition Improvement trough Community Empowerment (NICE),  program lainnya adalah menekan angka kematian ibu dan anak  yang didukung oleh Program Kemitraan Autralia Indonesia Partnership for Neonatal and Maternal Health (AIPMNH), Dinas Sosial kota Kupang juga menjalankan program keluarga harapan (PKH) untuk membantu keluarga sangat miskin di kota Kupang agar keluargaini bisa memenuhi kebutuhan dasarnya.

Hak Tumbuh Kembang – Dibidang tumbuh kembang, pelayanan Posyandu di kota Kupang berjalan dengan baik, sebagain kegiatan Posyandu didukung oleh pemerintah dan sebagian lagi didukung oleh LSM baik local maupun internasional yang bekerja di wilayah kota Kupang, seperti Child Fund Indonesia dan bantuan dari pemerintah Australia melalui AusAid.Pendidikan untuk anak-anak di kota Kupang juga telah berjalan dengan baik mulai dari pendidikan usia dini (PAUD) hingga pendidikan menengah. Penyediaan pendidikan untuk anak di kota Kupang selain disediakan oleh pemerintah juga dilakukan oleh pihak swasta atau lembaga keagamaan. Permasalahan yang berkaiatan dengan pendidikan untuk anak-anak di kota Kupang adalah berkaiatan dengan akses dan kualitas pendidikan, terutama bagi keluarga miskin. Sebagian keluarga miskin belum dapat memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anaknya, terutama untuk pendidikan menengah. Sedangkan kualitas pendidikan dasar dan menengah di kota Kupang masih perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak.

Hak Perlindungan – Pemenuhan hak perlindungan anak di kota Kupang sudah mulai bergerak kearah yang lebih baik meski belum bisa dikatakan baik, kekerasan di sekolah, serta di masyarakat masih sering terjadi. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota lewat bagian pemberdayaan perempuan setda kota Kupang adalah mensosialisasikan kelurahan ramah anak ke seluruh kelurahan dan kecamatan di kota Kupang dan mengembangkan pusat layanan perlindungan perempuan dan anak yang berbasis masyarakat. Pemerintah provinsi juga telah membangun P2TP2A di kota Kupang untuk menangani kasus kekerasan perempuan dan anak di kota Kupang. Upaya lain untuk menekan angka kekerasan anak adalah dengan mengembangkan forum anak sebagai wadah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan anak dalam bidang perlindungan anak, agar dapat melindungi dirinya dari kekerasan. Selain itu lewat forum anak ini anak-anak bisa memantau kasus kekerasan yang terjadi serta menyuarakan hak anak untuk mendapatkan perlindunga dan kekerasan, eksploitasi dan penelantaran.

Hak Partisipasi – Saat ini pemerintah kota Kupang sedang gencar mengembangkan forum anak dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak partisipasi anak. Dari 51 Kelurahan yang ada sudah ada 49 Kelurahan yang membentuk forum anak, sedangkan dari 6 kecamatan sudah ada 5 kecamatan yang membentuk forum anak.

Dalam forum anak, anak-anak sendiri yang menyusun dan melaksanakan kegiatan mereka dan difasilitasi oleh fasilitator orang dewasa. Saat ini telah dilatih 35 orang fasilitator dari 35 Kelurahan di kota Kupang yang nantinya akan memfasilitasi forum anak di kelurahan dan kecamatan. Di kota Kupang pengurus forum anak juga dilibatkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat kecamatan. Dalam Musrenbang ini orang dewasa bisa mendengarkan suara anak dan dapat memasukannya dalam usulan Musrenbang. ( Zainal Asikin – Fasilitator Forum Anak Kota Kupang )