×

Warning

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Error loading library: joomla, Library not found

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (KEPMENPAN) Nomor : PER/O9/MEN.PAN/5/2007 Tentang Pedoman Umum Penetapan Indikator Kinerja Utama di Lingkungan Instansi Pemerintah. Peraturan ini disusun untuk keperluan pengukuran dan peningkatan kineja serta lebih meningkatkan akuntabilitas kineja setiap instansi pemerintah.

Tujuan penetapan indikator kinerja utama di lingkungan instansi pemerintahini adalah :

  • Untuk memperoleh informasi kinerja yang penting dan diperlukan dalammenyelenggarakan manajemen kinerja secara baik;
  • Untuk memperoleh ukuran keberhasilan dari pencapaian suatu tujuan dansasaran strategis organisasi yang digunakan untuk perbaikan kinerja dan
  • peningkatan akuntabilitas kinerja.

lndikator kineja utama instansi pemerintah harus selaras antar tingkatanunit organisasi.Indikator kineja utama pada setiap tingkatan unit organisasi meliputiindikator kinerja keluaran (output) dan hasil (outcome) dengan tatanansebagai berikut :

  • lndikator kinerja utama pada tingkat Kementerian Negara / Departemen /LPND / Pemerintah Provinsi / Pemenntah Kabupaten / Pemerintah Kotasekurang-kurangnya adalah indikator hasil (outcome) sesuai dengankewenangan, tugas dan fungsi;
  • lndikator kinerja utarna pada unit organisasi setingkat Eselon I adalahindikator hasil (outcome) dan atau keluaran (output) yang setingkatlebih tinggi dari keluaran (output) unit kerja di bawahnya;
  • lndikator kinerja utama pada unit organisasi setingkat eselon II / Satuan Kerja/ SKPD/ unit kerja mandiri sekurang-kurangnya adalah indikatorkeluaran (output).


Pemilihan dan penetapan indikator kinerja utama harus memenuhikarakteristik indikator kiner ja yang baik dan cukup memadai  guna pengukurankinerja unit organisasi yang bersangkutan yaitu:spesifik; dapat dicapai; relevan; menggambarkan keberhasilan sesuatu yang diukur;dan  dapat dikuantifikasi dan diukur.

lndikator kinerja utama digunakan instansi pemerintah untuk:perencanaan jangka menengah; perencanaan tahunan; penyusunan dokumen penetapan kinerja; pelaporan akuntabilitas kinerja; evaluasi kinerja instansi pemerintah; dan Pemantauan dan pengendalian kinerja pelaksanaan program dan kegiatan - kegiatan.

Sejalan dengan disain kemitraan dalam Program AIPMNH , Bappeda Kota Kupang sebagai koordinator program menggunakan Kepmen ini dalam proses perencanaan untuk kegiatan tahun 2012 ini. Sebelum menentukan activity pada Annual Workplan AIPMNH Kota Kupang, SKPD dukungan AIPMNH diminta menyusun penetapan kinerja terlebih dahulu. Penyusunan kinerja ini mengacu kepada renstra masing-masing SKPD, Goal utama AIPMNH, Strategi Menuju Persalinan Selamat (MPS) dan Standar Pelayanan Minimal yang ada. Setelah itu baru dilakukan perencanaan activity yang bisa menunjang pencapaian target kinerja yang telah disepakati. Upaya yang dilakukan oleh Bappeda dalam program kemitraan AIPMNH ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong terwujutnya ‘penganggaran berbasis kinerja’ di Kota Kupang.

Untuk download Kepmen Pan Nomor : PER/O9/MEN.PAN/5/2007 silahkan Klik Di sini