Siapakah Duta Lagu Bolelebo di panggung musik internasional..? Jawabnya sudah pasti adalah Andy Tielman dan saudara saudaranya. Mereka adalah anak dari Herman Tielman yang berasal dari Kupang dan Flora Lorine Hess.  

Perjalanan musik The Tielman Brothers dimulai di Surabaya pada tahun 1945, dimana empat kakak beradik laki-laki dan seorang adik perempuannya, Jane, sering tampil membawakan lagu-lagu dan tarian daerah. Kemampuan musik mereka diturunkan dari sang ayah, Herman Tielman, seorang kapten tentara KNIL, yang sering bermain musik bersama teman-temannya dirumahnya di Surabaya.

 
Berawal dari ketertarikan Ponthon untuk memainkan contrabass yang diikuti saudara-saudaranya yang lain. Reggy mempelajari banjo, Loulou mempelajari drum, dan Andy mempelajari gitar.  Nama group mereka adalah The Timor Rhytm Brothers. Penampilan pertama mereka pada acara pesta di rumahnya membuat teman-teman ayahnya kagum dengan kemampuan mereka membawakan lagu-lagu sulit. Sejak saat itu mereka sering tampil di acara-acara pribadi di Surabaya. Tawaran tampil pun berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia.
 
Pada tahun 1949 saat masih bernama The Timor Rhythm Brothers.  Mereka diundang menari di depan Presiden Soekarno di istana dengan diiringi lagu “Bolelebo.” “Kami mengenakan pakaian tradisional Kupang karena kami asli sana. Kami 4 bersaudara menari sementara bapak saya main gitar dan ibu saya main Sasando. Pengalaman yang tidak akan saya lupakan seumur hidup, “ Andy Tielman menyampaikan hal ini pada saat wawancara dengan Majalah Rolling Stones Indonesia
 
Sampai pada akhirnya pada tahun 1957 mereka sekeluarga memutuskan untuk hijrah ke Belanda. Andy Tielman bersama adik-adiknya, Jane, Loulou, Ponthon dan Reggie membentuk The Four Tielman Brothers Dari sinilah karir rekaman mereka dimulai sampai mereka menjadi musisi papan atas eropa.
 
Aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan.  Andy Tielman, sang frontman, bahkan dipercaya telah memopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page atau Ritchie Blackmore.
 
Musik mereka beraliran rock and roll, namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong. The Tielman Brothers merupakan band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones. (Wikipedia).
 
Gitaris The Beatles, George Harrison dalam salah satu wawancara dengan majalah Rolling Stone ketika mengingat karir awal band mereka di Hamburg, Jerman bahkan sempat memuji Andy Tielman sebagai ”Andy, the Indo-man” setelah menyaksikan hebatnya atraksi The Tielman Brothers. (rolling stones.co.id)
 
 
 
Duta Bolelebo di Eropa
 
Bolelebo ita nusa lelebo bolelebo ita nusa lelebo
Malole simalole ita nusale malole, Malole simalole ita nusale malole
Bolelebo Tanah Timor lelebo, Bolelebo ita nusa lelebo
Baik tidak baik Tanah Timor lebin baik, Baik tidak baik Tanah Timor lebin baik
 
Ben Mboy Mantan Gubernur NTT dalam Memoarnya menyatakan bagaimana pada tahun 1949 saat berumur 14 tahunan  kesadaran dia sebagai orang NTT dan pada akhirnya kesadaran ke-Indonesia-annya mulai  terbentuk Salah satunya adalah karena andil lagu Boleleo yang turut membangun kesadaran  ke ‘Timor’annya ( Gugusan Pulau Timor dan pulau pulau lain di sekitarnya ). Hal yang sama sepertinya terjadi juga dengan Andy Tielman.
 
Seperti lirik lagu Boleleo yang menceritakan kerinduan dan kecintaan terhadap Tanah Timor, Tielman Brother belakangan Andy Tielman (setelah personel Tielman Brother yang lain meninggal dunia / sudah tidak mampu bermusik lagi ) cukup mengingat ‘akar’ ke – timor- an mereka.
 
Bolelebo seakan menjadi lagu wajib dalam setiap konser Andy Tielman dan menjadi ‘trade mark’ dia. Tak salah memang kalau akhirnya kita simpulkan  bahwa Tielman Brothers khususnya Andy Tielman “ yang disebut sebagai The Godfather of the Indorock oleh komunitas musik di Belanda, penerima bintang jasa Order of Orange Nassau dari Ratu Beatrix pada tahun 2005 berkat kontribusinya bagi perkembangan musik populer di Belanda telah membuat ‘Bolelebo” mendunia dan melintas jauh ke luar dari Pulau Timor. Untuk menghormati dan menghargai kecintaan Andy Tielman, pada prosesi pemakamannya   ‘Bolelebo” menjadi salah satu lagu yang dimainkan dan dinyayikan.  
Apakah para penyanyi panggung di NTT pada masa sekarang selalu dan masih menyayikan 'Bolelebo" pada setiap konser mereka seperti halnya mendiang Andy Tielman melakukannya nun jauh disana di di tanah eropa..?? Anda pasti bisa menjawabnya saat menyaksikan konser - konser para artis NTT.

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh