Deklarasi Paris mengenai Efektivitas Dana Bantuan yang dikeluarkan pada Maret 2005 merupakan komitmen internasional yang disepakati lebih dari 100 menteri, kepala lembaga, dan pejabat-pejabat senior. Deklarasi Paris  dibangun atas dasar kesepakatan dalam sejumlah forum perjanjian Tingkat Tinggi sebelumnya, termasuk Deklarasi Harmonisasi Roma, Konsensus di Monterrey dan Deklarasi Milenium PBB yang menghasilkan  Millenium Development Goals (MDG). 

 
Deklarasi ini bertujuan meningkatkan kualitas bantuan luar negeri dan dampaknya terhadap pembangunan dengan memadukan dan menyatukan pengelolaan dana bantuan untuk membantu negara-negara berkembang dalam menyusun dan menerapkan rencana pembangunan di negara mereka sendiri, berdasarkan prioritas nasional masing-masing, agar negara-negara tersebut bisa membuat strategi serta menerapkan sistem yang sesuai.
 
Deklarasi Paris memuat peta jalan (road map) yang berorientasi pada aksi, dengan 56 komitmen dengan 12 indikator dan dirangkum ke  dalam 5 (lima) pilar utama yaitu :
 
  1. KEPEMILIKAN. Negara-negara mitra berusaha menerapkan kepimpinan efektif terhadap kebijakan dan strategi serta mengoordinasikan pembangunan negara mereka.
  2. SINKRONISASI. Para donor mendasari bantuan mereka secara keseluruhan untuk mendukung strategi pembangunan negara-negara mitra, lembaga-lembaga, dan prosedurprosedur.
  3. HARMONISASI. Tindakan donor lebih terpadu, transparan, dan efektif secara keseluruhan.
  4. MENGELOLA UNTUK MEMPEROLEH HASIL. Mengelola dan menerapkan dana bantuan dengan cara terfokus pada hasil yang diharapkan dan menggunakan informasi untuk meningkatkan kemampuan membuat keputusan.
  5. TANGGUNG JAWAB BERSAMA. Donor dan para mitra memiliki tanggung jawab yang sama dalam mewujudkan hasil-hasil pembangunan.
 

Bukan Facebooker..?? Tulis Komentar anda disini


Security code
Refresh